Sabtu, 30 Juni 2012

Apa itu Alexa Rank


Halo Sobat Blogger, hari ini cuaca ditempat saya lagi gak baik dan membuat kondisi badan saya menjadi gak baik. Tapi tangan nih pengen mengetik sesuatu untuk dibahas. Kira2 apa ya.. hmmmm… nah.. kemarin kalau gak salah teman saya ada menanyakan soal Alexa, kayaknya bahas Alexa aja deh. Ya.. walaupun banyak banget sobat2 blogger yang telah membahas soal Alexa tapi gak ada salahnya juga kan saya ikut membahasnya.. hehehe.. 

Kali ini saya ingin membahas Apa itu Alexa Rank?

Untuk mendefinisikan apa itu Alexa Rank, berikut Kutipan dari si Alexanya:

“ The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.”

Terjemahkan sendiri ya.. hehehe.. 

Dari kutipan tersebut saya mendefinisikan seperti ini (Mudah2an aja gak salah…) :
“Sebuah peringkat yang dibuat oleh Alexa untuk Website/Blog berdasarkan banyaknya traffic atau pengunjung yang berkunjung ke Website/Blog tersebut“. Alexa didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Cara kerja Alexa Rank
Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Lalu apakah alexa rank yang rendah selalu menjadi indikator situs anda kurang pengunjungnya? bisa ya bisa tidak jawabannya..
Alexa traffic didasarkan pada pola penggunaan Alexa Toolbar. Dari situs resmi Alexa bahwa alexa rank diupdate setiap 3 bulan. Alexa’s rank hanya memberikan peringkat pada halaman domain tingkat atas saja atau home (misalnya www.domain.com) . Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain (mis. www.domain.com / subpage.html) atau subdomain (misal subdomain.domain.com) kecuali jika Alexa dapat secara otomatis mengenali mereka sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman home web pribadi atau blog, maka halaman home tersebut akan di index dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).

Kelemahan Alexa:
  1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
  2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .
Pentingkah Alexa Rank bagi sebuah Website atau Blog?

Bagi anda pemilik website atau blog yang tidak menjadikan web atau blognya tersebut untuk mencari uang di internet, maka alexa rank atau peringkat alexa tidak begitu berguna. Akan tetapi walaupun tidak berguna, terkadang alexa rank menjadi sebuah gengsi tersendiri, karena jika alexa rank bagus maka boleh di bilang website atau blog tersebut adalah sebuah blog yang populer. bener ngga yah? tergantung kepada diri masing-masing tentunya.

Berbeda dengan pemilik web atau blog yang tidak menjadikan web atau blog miliknya sebagai tempat untuk mencari uang di internet, alexa rank atau peringkat alexa sangat penting sekali bagi anda yang menjadikan web atau blog sebagai tempat untuk mencari uang di internet. Kenapa sangat penting? karena tempat-tempat mencari uang di internet seperti Teks Link ads, Sponsored Review, ReviewMe, ask2link serta web-web penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolok ukur. Semakin bagus alexa rank yang anda miliki, maka akan berbondong-bondong pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di web atau blog anda, ini artinya  $ akan sangat mudah untuk masuk ke kantong anda.
Bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank.? Tunggu postingan saya selanjutnya.

Ditulis Oleh : Sharing Ilmu Marketing, Pengembangan Diri & Peluang Usaha.::Jelajah Dunia Informasi::

Artikel Apa itu Alexa Rank ini diposting oleh Sharing Ilmu Marketing, Pengembangan Diri & Peluang Usaha. pada hari Sabtu, 30 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel ini,tinggalkanlah komentar anda baik itu kritik ataupun saran karena komentar anda sangat berarti bagi penulis dan perkembangan blog ini.Pengunjung diperbolehkan meng-copy-paste artikel dengan syarat menyertakan link sumber aktif postingan dibawah ini.Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua.Terima kasih.


::get this widget::

5 komentar:

  1. makasih atas penjelasannya tentang alexa mas

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya

    http://edilee89.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Saya musti banyak belajar nih, masih baru soalnya. Pada intinya kalau mau nyari uang di blog lebih baik dipasang aja gitu kan? kalau cara pasangnya gimana sih? itu widget bukan ya? Terimakasih infonya bermanfaat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar dan saya akan komentar balik. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi. Mari jalin terus Silaturahmi.. Terima Kasih sobat..

peluang usaha

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service