Rabu, 14 November 2012

Beberapa Hal Penting Menjadi Blogger Sukses

Selamat apa aja buat kawan-kawan blogger dimanapun kalian berada, beberapa hari ini saya nggak bisa OL dikarenakan kondisi badan saya yang nggak enak banget, mungkin faktor sibuk kerja yang nggak ada habis-habisnya. Dan hari ini walaupun kondisi badan masih nggak enak tapi saya ingin menyempatkan diri untuk posting dan membagikan informasi yang mungkin berguna buat kawan-kawan semua. Sebelumnya saya memposting Google Update PageRankKembali di Bulan November 2012. Nah.. kali ini saya ingin memberikan Beberapa Hal Penting Menjadi Blogger Sukses. Saya menulis ini bukan berarti saya telah menjadi blogger sukses, saya juga masih newbie yang masih ingin terus belajar. Di sini saya cuma memberikan sedikit gambaran yang saya pelajari dari Joko Susilo, saya yakin ini bisa dijadikan acuan atau sedikit pembelajaran bagi kawan-kawan dan juga saya sendiri.

Sebelum kita melihat Beberapa Hal Penting Menjadi Blogger Sukses, alangkah baiknya kita lihat dulu Orang-orang sukses melalui Internet dan Blogging, dan saya yakin kawan-kawan pasti mengenal orang-orang ini, karena orang-orang ini bisa dikatakan telah cukup populer diantara para netter.
Sebetulnya ada banyak sekali nama-nama yang cukup populer diantara para netter yang bahkan berhasil mendulang rupiah berkat internet dan juga blogging. Tapi yang akan saya sebutkan disini cukup di wilayah Indonesia saja dan hanya beberapa saja yang saya tahu. Kalau saya sebutkan semua.. aduuuhh.. capek deh.. ^_^.

Kebanyakan dari mereka ini juga Blogger kawakan, yang sudah banyak sekali menulis tips-tips dahsyat seputar internet marketing, motivasi, dan juga tentang blog itu sendiri. Ini dia orang-orangnya :

  • Anne Ahira
  • Joko Susilo
  • Lutvi Avandi
  • Cosa Aranda
  • Habibi Afsyah
  • GM. Susanto
  • Haryo Prabowo
  • David Odang
  • Arief Maulana
  • Peter Kohar
  • Kusuma Putra
  • Agus Ramadhani (o-om)
  • Kang Rochman (Kolom Tutorial)
  • Maulana Malik
  • Dan lain-lainnya
Itu lah deretan nama yang cukup populer dikalangan para netter, ingin tau profil lengkap mereka, silahkan Tanya om google.. ^_^

Sekarang mari kita bahas Beberapa Hal Penting Menjadi Blogger Sukses.
Tapi saya tanya dulu kepada kawan-kawan.. apa tujuan kawan-kawan membuat blog?
Jawabannya pasti beragam. Tapi apapun tujuannya saya yakin kawan-kawan ingin blognya memiliki traffic tinggi. Ramai dengan komentar dan ada dalam peringkat Top Blogger. Maka ada baiknya kalau kita ikuti strategi para ahli blogger yang telah lebih dulu mencapai sukses. Mari kita lihat point-pointnya seperti apa :

1. Sabar, Kerja Keras dan SERSAN (Serius tapi Santai)

Blogger Pemula sering mengira blogging itu mudah termasuk saya.. hehehe.. tapi apakah benar-benar mudah? Ini jawaban dari rasa penasaran kita :
  • Blogging itu perlu waktu dan kerja keras untuk menghasilkan posting yang continue.
  • Harus konsisten
  • Perlu waktu untuk belajar banyak hal untuk mengelola blog kita. 
Tetapi yang terpenting, semakin kita mengerahkan waktu dan upaya pada blog kita, maka blog kita akan semakin baik dan makin populer. Jika kita hanya duduk dan menunggu, tentu tidak akan membantu blog kita menjadi lebih baik. Bagaimana kalau kita sibuk dan tidak punya banyak waktu? Tidak masalah, kita bisa mengerjakannya dengan santai, tapi harus serius. ini akan kita bahas pada point berikutnya... Jadi kuncinya sabar, kerja keras dan SERSAN (Serius tapi Santai)

2. Jadilah Ahli Dibidangnya

Agar apa yang kita sampaikan bernilai bagi pembaca, kita perlu tahu apa yang kita bicarakan. Untuk itu kita bisa belajar sendiri, atau jika kita seorang professional, berikan tips yang berguna bagi pembaca.
Sebaiknya pelajari apa saja yang berkaitan dengan tema blog kita. Agar, nantinya kita bisa membuat content yang tepat untuk pengunjung. Juga semua yang kita tulis jadi lebih berguna bagi pembaca.. Jangan menjerumuskan orang kedalam jurang kesesatan,, hehehe.. contohnya seperti ini,, misalkan kita memposting sebuah tips dan trik tapi kita belum pernah mencoba atau bisa dibilang kita belum tahu hasilnya seperti apa, terus kita berikan informasinya ke orang lain, setelah orang itu mencoba ternyata tidak membuktikan apa-apa, yang ada timbul masalah, akhirnya orang itu pasti akan menanyakan ke kita untuk masalah yang dihadapinya, ujung-ujungnya kita bingung sendiri karena kita tidak pernah mencoba atau ahli dibidangnya.  

contoh lainnya saya memiliki sebuah bisnis bersama Duta Nerwork Indonesia, dan saya yakin ada hasil nyatanya, lalu saya coba memposting Bagaimana Merubah Pola HP Menjadi Sumber Uang Sekarang!, selang beberapa hari kemudian bukti itu ada dan nyata, akhirnya saya buat lagi postingan Bukti Duta Network Indonesia Bukan Scam karena saya telah mencoba menerapkannya sendiri dan membuktikan kebenarannya.


Maka dari itu sebelum kita memberikan informasi ke orang lain, sudah sepatutnya kita menerapkannya terlebih dahulu..

3. Kenali Audience kita
Untuk menjadi ahli disuatu bidang, kita harus perhatikan hal-hal ini.
  • Apa yang paling ingin diketahui oleh pembaca
  • Gunakan kata-kata kunci yang sering digunakan pembaca
  • Temukan masalah-masalah yang mungkin dialami pembaca
  • Jangan sungkan membantu pembaca menyelesaikan masalah mereka  
4. Mulailah Menulis Sekarang Juga!

Jika kita ingin mendapatkan sesuatu, kita harus berusaha mendapatkannya sekarang juga, bukan besok atau lusa!
Jika kita lamban, kita bisa saja kehilangan gagasan menarik yang ada di kepala kita saat ini! Dan, kita akan tergilas masalah-masalah baru dalam hidup kita. Akhirnya kita akan semakin lupa untuk menulis content blog kita. Hal ini sering saya lakukan, terkadang saya suka menunda dan akhirnya lupa.. ^_^
Kita boleh saja punya sejuta alasan untuk tidak mengisi blog kita. Tapi kita wajib menyimpan gagasan kita. Sebisa mungkin buatlah draft agar kita tidak cepat melupakan ide-ide brilian kita.

5. Banyaklah Menulis

Banyak menulis akan memudahkan kita mendapat banyak pengunjung. Mengapa? Sederhana saja, karena kita menjadi produktif menulis. Dan, tulisan-tulisan yang unik, berkualitas dan menarik hanya bisa tercipta dari mereka yang produktif menulis. Nah.. pengunjung itu hanya suka dengan content blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi mereka.
Oke.. apakah tulisan kita sekarang sudah berkualitas dan menarik? Kalau belum, kita harus banyak menulis. Jika kita sudah puas dengan hasil tulisan kita, jangan senang dulu.. apakah traffic kita sudah sebanyak yang kita inginkan? Apakah pembaca benar-benar menyukai postingan kita? Kalau masih belum, berarti kita harus terus menulis, menulis dan menulis sampai jari kita kram.. hahaha.. sampai segitunya.. ^_^

6. Draft Untuk Postingan Kita

Ketika kita punya banyak waktu luang untuk menulis, maka menulislah sebanyak-banyaknya. Setelah banyak menulis kita bisa menyimpan semua tulisan di draft. Jangan publikasikan langsung semuanya. Kita bisa mempostingnya saat sedang paceklik ide.
Ya, dengan punya draft berlimpah, kita punya lumbung ide dan artikel yang bisa dipakai kapanpun.

Misalnya...
  • Saat kita perlu posting dengan tema yang sama, kita tidak perlu mencari ide dari awal. Karena kita sudah punya gagasan yang tinggal kita gali lebih lanjut.
  • Saat kita sangat sibuk sampai tak bisa mengupdate blog, lumbung tulisan ini akan sangat membantu kita. Dengan frekuensi menulis yang cepat kita bisa membuat alur materi bacaan yang konsisten bagi pembaca. Jadi kita tidak cuma memberikan posting yang bermanfaat bagi pembaca. Tapi kita juga bisa menentukan waktu yang tepat kapan harus memposting suatu artikel. ”The right posting in the right time,” begitu kata orang Barat. 
7. Tulis Posting yang Unik!

Agar, pengunjung menjumpai hal berbeda dalam setiap postingan kita. Tentu saja, jika kita merasa tema itu belum cukup diulas, kita bisa cari referensi yang lebih banyak untuk mengembangkan tulisan kita.

8. Tulis Posting Berdasarkan Riset
 
Sebelum menulis ada baiknya kita melakukan riset kecil-kecilan atas tema yang kita pilih. Ini perlu agar tulisan kita terlihat hidup, nyata dan tidak fiktif. Selain itu, kita tidak akan terjebak dengan pemakaian kata ”mungkin atau kira-kira.” Tahukah kawan-kawan kalau penggunaan kata-kata tadi bisa melemahkan posisi kita? Kita jadi terkesan tidak menguasai tema yang Kita tulis! Dan, pengunjung tidak akan percaya pada apa yang kita tulis. seperti yang sudah dijelaskan pada point sebelumnya yaitu Jadilah Ahli Dibidangnya. Oya, pengunjung itu lebih suka blog yang isinya bukan cuma khayalan tapi benar-benar nyata dan bisa mereka terapkan. Terkecuali khayalan itu cuma sekedar hiburan semata.. bisa dikatakan refreshing pikiran, jadi tidak ada salahnya juga sih. ^_^

9. Tulis Posting yang Ringkas
 
Kenapa kita perlu membuat posting yang ringkas?

  • Kita bisa menyampaikan pendapat dengan cara cepat. Pembaca tidak perlu meraba-raba apa yang ingin kita sampaikan.
  • Pembaca bisa mendapatkan tips-tips yang kita berikan secepat yang mereka inginkan. Mereka suka menghemat waktu dan enggan membaca hal yang tidak menarik minat.
  • Memberi kesempatan pada pembaca untuk membaca sesuatu yang berbeda. Selain itu, posting ringkas akan membantu pembaca memahami dan menyerap apa yang kita tulis. Juga memudahkan mereka membuat bookmark, share atau link ke posting kita.
Contohnya seperti ini. 
Cara menghadapi pasangan yang gaptek:
1. Dekati dan beri senyuman

2. Pandang matanya dengan penuh kasih
3. Dekatkan mulutmu ke telinganya
4. Bisikkan dengan penuh perasaan: "NDESOOOO..."

Singkat kan.? dan tepat sasaran.. hahaha... tapi contoh itu jangan diikuti.. itu hanya sekedar guyonan.. ^_^

10. Tulis dengan Bahasa yang Sederhana
 
Gunakan bahasa yang paling sederhana. Tujuannya agar pembaca bisa cepat menangkap pesan kita. Sehingga membuat pembaca berniat menyampaikan pesan dalam tulisan kita kepada orang lain juga lebih mudah.. seperti halnya saat kita melakukan percakapan orang lain, buat lah seolah-olah kita sedang melakukan percakapan, dengan begitu pembaca akan senang membaca apa yang kita tulis.

Begitu juga kalau kita ingin membuat suatu aturan.. sebisa mungkin buatlah aturan dengan bahasa yang sederhana, mudah dicerna dan tidak menimbulkan kesan memaksa. Dengan begitu aturan yang kita buat bisa diterima oleh orang lain dengan hati terbuka, dan tidak terpaksa. ^_^

11. Tulislah Secara Personal... To be Continued


Hari ini segitu saja dulu,, untuk kelanjutannya nanti ada bagian ke dua.. hehehe.. 
oke kawan-kawan,, semoga bisa bermanfaat buat kita semua.. Salam and Happy Blogging.

Referensi (Joko Susilo)
 

Ditulis Oleh : Sharing Ilmu Marketing, Pengembangan Diri & Peluang Usaha.::Jelajah Dunia Informasi::

Artikel Beberapa Hal Penting Menjadi Blogger Sukses ini diposting oleh Sharing Ilmu Marketing, Pengembangan Diri & Peluang Usaha. pada hari Rabu, 14 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel ini,tinggalkanlah komentar anda baik itu kritik ataupun saran karena komentar anda sangat berarti bagi penulis dan perkembangan blog ini.Pengunjung diperbolehkan meng-copy-paste artikel dengan syarat menyertakan link sumber aktif postingan dibawah ini.Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua.Terima kasih.


::get this widget::

97 komentar:

  1. mau jadi Blogger yang sukses???
    ya bergabung dalam komunitas 6^_^9 donk,,,
    sukses disini sobat... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. serrr..tarik mang...
      belum ada yang baru nih sob,,,
      abis liburan nih sob,, pada pegel" semua nih badan,,,pijitin donk sob pake gaya 69 sukses disini tuh,,,lanjut...

      Hapus
  2. selamat malem kawan, salam sukses selalu.

    BalasHapus
  3. wammy datang bang,,,sudah balik dari alam kubur...sekarang ada disini baca artikel,,Bisikkan dengan penuh perasaan: "NDESOOOO..." akan aku coba ini sama pacarku bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Datang kawan..
      waaah... selama ini gak nongol abis dari alam kubur ya.. wuakakakaa..
      hati2 loh bisikin'nya.. kalau terjadi sesuatu saya gak tanggung jawab ya.. xixixix.. :)

      Hapus
  4. Wahh... abanku sakit yaa, semoga Allah SWT segera memberi nikmat sehat-Nya kembali untuk Bang Andy...

    Saya baca postnya sampai selesai, ditunggu bagian keduanya, semoga kita semua bisa jadi blogger yg sukses dan bisa memberikan manfaat untuk orang banyak ya, Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. thanks ya dek.. hehehe.. :)
      tapi sekarang udah sehat walafiat... hehehe.. :D

      Hapus
  5. Semoga masnya cepet sembuh dan bisa bw lagi, dan 69 an lagi hehe, sukses disini sob..

    BalasHapus
  6. akan segera bisikan "ndesooooo..." ke telinga istriku. jika dia marah, bang andy yg harus tanggung jawab ya huahahahahahaha :D

    BalasHapus
  7. semoga kita semua bisa menjadi blogger yang sukses, banyak banget tipsnya, terima kasih...

    BalasHapus
  8. aq kok tidak masuk dalam daftar 15 Blogger kawakan diatas ya...wkwkwkwkwk (ngarep dot com)

    istirahat gan...jgn terlalu dipaksakan,kesehatan lebih penting.dan jika sakit berlanjut silahkan kunjungi blog saya...hahahahaha (pissssssss)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dimasukkan juga ya.. hehehe..

      thanks gan,, ntar kalau makin parah saya langsung ke blog agan.. wuakakaka.. :)

      Hapus
  9. membaca tulisan diatas membuktikan kalau sobat aku yang bernama udara "andi borneo"adalah salah satu calon blogger yang sukses dan tentu saja aku juga termasuk dong hehehehe,...menjunjung tinggi keprofesionalan dalam blogging adalah perlu guna mencapai cita2 sebagai blogger yang sukses,kerja keras dan kemauan yang kuat,..namun ketersedian sarana dan pra sarana juga menjadi penentu suksesnya seseorang,...dan aku yakin disetiap blogger yang ada di dunia pengin untuk menjadi seorang blogger yang sukses seperti yang disebutkan diatas,...untuk itu aku sendiri berI'tizam dalam diri ini untuk bisa menjadi blogger yang sukses,..makasih untuk membangkit semangat yang membara ini hehehehe salam 6^_^9 sikat sampai dengkul terkupas hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantapppp... :)
      Salam 6^_^9... Bang zul :)

      Hapus
    2. mas budi bisa saja nih,..tapi benar juga hahaha,..(muji sendiri nih,..)

      Hapus
    3. Zulham > aamiin.. semangat terus kawan.. thanks 6^_^9 kawan..

      Budi > dengan saya gak salam 6^_^9 ya.. hahahaha.. :)

      Hapus
  10. Kunjungan malam sob..
    Semoga sukses..

    Tidak lupa & ketinggalan 6^_^9 sukses

    BalasHapus
  11. Salud sama bang Andy...gi kurang sehat...sempetin buat konten yg manfaat bgt... Moga cepet vit lagi ya bang :)

    semakin hari semakin mantaapp nih bang post nya...hehe

    trims ya bang...di tunggu tips lanjufan nya deh...
    Salam 6^_^9.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks bang budi..
      soalnya kalau ditinggalin lama2 takut berjamur blognya.. hahaha..
      oke deh bang budi.. :)

      Hapus
  12. yang penting usaha dan kerja keras ,,

    itu sudah cukup bgi sya..

    Happy blogging

    BalasHapus
  13. mlm bos... bru tau aq bos. trmksih bos postingsnys sangat berarti

    BalasHapus
  14. hadir sob,
    tips nya boleh juga tu,,hehe
    6^_^9 sukses..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg ini lg sob ga baca aturan komen nih orang. kl mau komen baca dl aturanya tuh....

      Hapus
    2. Andre Kocak > maaf ya kawan komentarnya saya hapus,, karena mengandung virus ganas, yaitu link hidup. belum tau aturan komentar ya.. hehe.. :)

      Nakusan > sabar kawan.. mungkin dia gak tau.. hehehe.. :)

      Apri Aldi > hohoho.. :)

      Hapus
  16. Pagi sobat..
    Waw nice post..
    Yang post sebelum nya juga bagus tapi ini lebih baik dari yang lalu..:)
    terus berkarya ya..
    Haha..:D
    oh ya mampir juga ya ke my blog..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ya sob yg suka nyepam..wuakakaka
      bener sob komen ini sejenis spam...

      Hapus
    2. Rengga > post yang sebelumnya apa yang dibaca kalau memang betul dibaca.. hayooo..

      Nakusan > sama kan komen'nya di blog ente.. hehehe.. :)

      Hapus
  17. Sekedar Info : mohon maaf jika di postingan ini bukan tempatnya.

    Ada perubahan sob, tolong banner atau link text dari tukar linknya di Update sob...
    Silahkan copy perubahan linknya disini..

    http://edynlaskar09.blogspot.com/2012/01/pasang-banner-link-link-exchange.html

    sebelumnya Terimakasih atas kerjasamanya.
    Sekalian 6^_^9 disini sob hehehe...

    BalasHapus
  18. wakakaka,..aku belum masuk top komentar ya hehehehe,......doggy style disini hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa' sih sob.. hehee..
      doggystyle'nya masih kurang kali.. wuakakaa..
      thanks sob.. :)

      Hapus
  19. wah ada tips lagi ni,,makasih sobat,,
    tapi boleh nanya gak sob,,,
    kenapa rank alexa ku ko tambah membesar ya
    klo ada solusinya mohon kasih tau yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti sering2 aja BW dan terus tingkatkan jumlah visitor.. dan jangan lupa pasang Alexa Toolbar.. ingin memasangnya silahkan ke sini http://thelikers.blogspot.com/2012/06/cara-meningkatkan-alexa-rank-dengan.html
      oke sob.. :)

      Hapus
  20. mantap om, tulisan nya oke punya... happy blogging ya om...

    BalasHapus
  21. semangat bener nih sobat... bs d contoh nih biar bs sukses..:D

    makasih ya sob dah berbagi..

    BalasHapus
  22. tambah sukses aja nih kawan saya yg satu ini...:D
    yg penting semangat dan jgn lp jaga kesehatan sob...Ote.

    salam 6^_^9 sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kawan..
      bungkusin bule' dunk biar ane sehat trus.. wuakakaka.
      Salam 6^_^9 juga sob.. :)

      Hapus
  23. ntahlah yang jelas nomor 6 tu sangat sulit saya terapkan hahaha
    kenapa ya bang kira-kira?
    heemmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. alasannya pasti suka terburu2.. gak tahan untuk menyimpan postingan.. iya kan.. wuakakakaka.. :)

      Hapus
  24. Salam 6^_^9 Sob...
    n sukses follow 117 sob,,
    ditunggu kunjungan baliknya.. :D

    BalasHapus
  25. nice post, bisa jadi panduan ni bang **

    BalasHapus
  26. MANTAAP TIPS-TIPS NYA SOB, SEMOGA KITA SEMUA MENJADI BLOGGER2 YANG SUKSES YA SOB HEHEE...
    UDAH AKU FOLLOW NUMBER 118...
    SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA

    BalasHapus
  27. hahaha... bisikan NDESO-nya itu loh, hahaha...
    iya bener, ini makin menambah wawasan buat bekal ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisikan'nya jangan diterapkan mas,, bahaya.. hahahaha..
      kalau hal2 penting harus diterapkan.. hehehe.. :)

      Hapus
  28. kunjungan malam gan :)
    Kalau sempet mampir ke blog ane ea :) + di follow pasti q follow back, wwkk
    http.//wono-sobo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. napa gak sekalian follow.. pasti takut gak di follback ya.. hehehe.
      thanks gan.. :)

      Hapus
  29. Terima kasih infonya sobat....sangat menarik.

    Salam

    BalasHapus
  30. wah keren nih , ijin nyimpen .

    BalasHapus
  31. bener sekali ya saran2 diatas
    terima kasih, Insya Allah sayapun bisa menerapkannya agar bisa menjadi seorang yang sukses didunia online dan blogging

    BalasHapus
  32. Halo... mampir lagi disini sambil 6^_^9

    BalasHapus
  33. mampier juga ah...jadi pingin seperti mereka
    waw..

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. Pengen ikutin jejak mereka..

    Maaf telat absennya sob..

    Kewajiban tidak ketinggalan & terlewat 6^_^9

    BalasHapus
  38. mampir di sore hari sob sambil 6^_^9...hehehe.

    tuh komen TABUHGONG knp sob..? mengandung virus ya...wuakakakaka

    BalasHapus
  39. selamat siang sob.
    datang lg ni..hehe
    sukses sob..

    BalasHapus
  40. dan sepertinya blog mas andy bakal sukses nih.. :)
    pagerank 2 cuy, keren !

    BalasHapus
  41. terlalu banyak tips.. :)

    tetapi hal - hal diatas adalah salah satu ringkasannya.. :)

    BalasHapus
  42. ok sob, ulasan yang manis dan mantap, mantap sharenya

    BalasHapus
  43. Mampir sambil 6^_^9, btw nih yang punya rumah kemana yaa..?

    BalasHapus
  44. Saya setuju dengan postingan diatas, walaupun nomor 5 itu sering sulit kita lakukan. Saya bilang sulit karena saya menulis terkadang apa yang di benak. jadi klau ide lgi gak nongol2 menulisnya di tunda sambil mncri referensi, Klo tidak wh bisa2 kesandung dicopas dongk, benerkan sob ANDY ???

    BalasHapus
  45. terimakasih kang infonya..

    BalasHapus
  46. makasih kang atas infonya....

    BalasHapus
  47. hadir menjalani tugas di sini sobat..

    BalasHapus
  48. Benar juga mas, penting juga terimakasih nasehatnya, jadi lebih tahu bagimana menjadi blogger itu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar dan saya akan komentar balik. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi. Mari jalin terus Silaturahmi.. Terima Kasih sobat..

peluang usaha

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service