Jumat, 07 Desember 2012

Kamus Adsense dan Perihal Banned yang Wajib Diketahui

Selamat malam sobat blogger, udah lama saya nggak posting di blog ini ya.. hehehe.. beberapa hari kemarin saya fokuskan dulu untuk mengurus blog saya yang kedua di sini Kumpulan Desain Grafis. Buat kawan-kawan yang belum follow blog saya yang kedua, silahkan di follow. ^_^.

Kemarin saya memposting untuk mengajak kawan-kawan untuk Tukar Link di Rumah Baru saya. Tapi sepertinya masih banyak yang belum memasang Link saya di blog'nya kawan-kawan, padahal saya udah memasang Link kawan-kawan, coba kawan-kawan cek Link kawan-kawan di rumah baru saya disini. Saya mengharapkan kerjasamanya ya.. hehe.. 

Oke.. hari ini saya ingin membagikan Informasi seputar AdSense lewat Kamus Adsense dan Perihal Banned yang Wajib Diketahui. Saya yakin diantara kawan-kawan sudah banyak tahu hal ini, dan saya juga yakin masih banyak yang belum tahu. Saya memberikan informasi ini bukan berarti saya memiliki pengalaman dalam hal AdSense, saya cuma mendapatkan informasi ini di ebook yang saya baca dan kita bisa mempelajarinya bersama, terutama yang ingin mendulang dollar lewat Google AdSense.

Bagi pemula yang baru mengenal AdSense mungkin belum mengetahui istilah-istilah yang sering dipergunakan. Berhubung pepatah mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang", maka tidak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu arti dari istilah-istilah tersebut sebelum mempelajari lebih jauh mengenai AdSense.

Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dengan Google AdSense dan sudah pula memasang iklan AdSense di situs mereka.

Ad Units 
Yang dimaksud dengan Ad Units ya iklan AdSense itu sendiri. AdUnits ini terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis Text Ads (Lihat gambar dibawah). Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka jika valid publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh masing-masing jenis dan ukuran Ad Units disini.


Dalam satu halaman, publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal tiga buah Ad Units.

Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Perhatikan gambar berikut :

Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung meng-klik salah satu Ad Units di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
* Dalam satu halaman situs, publisher diperbolehkan untuk memasang satu buah Link Units saja.

AdSense for Content
Yang dimaksud AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep contextual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika di-klik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher.
Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah di-setting dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang ter-setting didalamnya.

AdSense for Search
Selain memasang iklan, publisher AdSense juga dapat memasang form search bos di situs mereka. Form ini dinamakan AdSense for Search. Apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman hasil pencarian yang bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units, publisher akan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yang ada dihalaman tersebut di-klik. 
*Publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 2 buah form Adsense for Search dalam satu halaman. Selain itu publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak lain.

Referrals
Referrals adalah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia AdSense. Ya, publisher dapat melakukan iklan referral. baik berupa banner maupun text di situs mereka. Yang perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana publisher baru akan dibayar apabila pengunjung yang meng-klik iklan tesebut telah melakukan tindakan tertentu.
Misalnya, pada iklan referral AdSense, pengunjung meng-klik iklan dan bergabung dengan Google AdSense, baru akan menghasilkan pemasukan bagi publisher apabila pengunjung tersebut meraih $100 dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari).
Contoh tampilan iklan Referrals adalah sebagai berikut :

*Saat ini ada 3 macam iklan Referrals, yaitu AdSense, AdWords, dan Firefox.

Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu, dan sebaliknya satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performance AdSense mereka. 
Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika mau lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda untuk tiap-tiap unit iklan di tiap-tiap situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 buah. 

Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada didalam halaman yang bersangkutan.

Clicks
Rasanya tidak perlu diterangkan panjang lebar. Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units maupun Channel-nya.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan di klik 10 kali memiliki CTR 25% (10:40).
* Berapa nilai CTR yang ideal? Hal ini sulit ditentukan karena terpengaruh oleh banyak faktor, seperti sumber datangnya pengunjung, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Untuk situs yang padat pengunjung misalnya, nilai CTR antara 8 - 10% sudah termasuk ideal.

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performance publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai bid dinamis yang ditawarkan pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Milllion) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).
* Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat secara garis besar melihat kesuksesan Channel / Ad Units-nya berdasarkan eCPM Channel atau Ad Units tersebut.

Perihal Banned AdSense
Satu hal yang paling ditakutkan para AdSensers adalah mendapatkan "Surat Cinta" dari Google. Ibarat di-PHK, begitu pemutusan hubungan diberikan, publisher AdSense otomatis tidak diperbolehkan lagi untuk berhubungan dengan Google AdSense. Termasuk login kedalam account mereka, memasang Ad Units di situs mereka, dan sebagainya. Di sisi lain, Google tetap fair dengan memberikan segala sesuatu yang menjadi hak kita. Misalnya, sebelum di banned, kita sempat mendapatkan cek dari Google. Cek ini tetap dapat dicairkan. 

Kok Bisa di Banned?
Sebab utama mengapa seorang publisher bisa di-banned dari Google AdSense tentunya adalah "dianggap" melanggar aturan Google AdSense yang tercantum dalam policy mereka. Sayangnya, Google seringkali tidak secara gamblang memberitahukan alasan PHK tersebut. Bahkan kabarnya, alasan "invalid click" yang acap diberikan adalah hanya untuk mempermudah proses banned tersebut. Jadi, bisa saja seorang publisher di-banned karena alasan click fraud namun sebenarnya bukan itu yang menjadi alasan.
Yang rawan di-banned adalah publisher-publisher baru, terutama yang masih belum pernah menerima cek. Kenapa? Karena sebelum mengirimkan cek, Google akan memeriksa ulang keabsahan pendapatan publisher tersebut. Jika sudah sering menerima cek, secara tidak langsung kredibilitas seorang publisher di mata Google akan bertambah. Oleh karena itu, sangat jarang ada publisher lama yang terkena banned oleh Google. Heeemmmm..
* Buat publisher pemula, usahakan bermain jujur di awal, setidaknya sampai anda menerima cek dari AdSense sebanyak 2 - 3x. Setelah itu, jika mau, bermainlah di area abu2 policy, karena kemungkinan besar amda sudah aman dan tidak akan langsung di-banned jika dicurigai oleh Google. Tapi tentu saja, tetap jauh lebih aman jika anda berada di jalur yang bersih.

Pasca Banned
Jika sudah terlanjut di-banned, apa yang bisa anda lakukan? Ada tiga pilihan yaitu:

Pertama, lupakan AdSense dan pindah ke lain hati. Saat ini pemain-pemain sejenis AdSense sudah cukup banyak jumlahnya. Silahkan cari sendiri ya.. hehehe.. 

Kedua, Jika anda benar-benar yakin bahwa anda tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran sekecil apapun serta yang paling utama, melakukan log terhadap pengunjung anda dan aktivitas AdSense yang ada di situs-situs anda, lakukan banding. Di dalam Surat PHK yang dikirimkan Google biasanya terdapat informasi untuk melakukan banding ini dan kemana anda harus melakukan banding. Intinya, anda harus bisa menunjukkan darimana asal pengunjung anda, dan validitas aktivitas AdSense anda. 
Kemungkinan untuk diperbolehkan bergabung kembali sebagai publisher AdSense? terus terang hanya 5-20% saja. Namun jika berhasil, earning anda akan kembali, jadi tidak ada salahnya untuk berjuang sampai titik darah penghabisan.
* Tips supaya banding anda ada kemungkinan untuk diterima adalah: (1) Gunakan bahasa yang sopan; (2) Jangan emosi; (3) Berikan data-data lengkap seperti yang diminta; (4) Tawarkan untuk memberikan data-data lain yang dibutuhkan dan melakukan kerjasama dalam bentuk apapun untuk menindaklanjuti masalah ini.

Ketiga, adalah mendaftarkan diri lagi sebagai publisher baru. Ini cara yang paling banyak ditempuh oleh publisher yang terkena banned, dan faktanya tidak sedikit yang kini sukses dengan "identitas" yang baru setelah sebelumnya di-PHK.

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan jika ingin menempuh cara ini :
  • Jangan menggunakan identitas yang sama. Ini meliputi nama, alamat, No.Telepon, dan email.
  • Jangan mendaftarkan situs yang sama dan apabila sudah diterima kembali, jangan memasang Ad Units di situs yang sebelumnya pernah dipasangi AdSense dengan account kita yang lama (yang udah di-banned).
  • Anda boleh mendaftar dengan menggunakan komputer yang sama dengan sebelumnya, tapi jika memungkinkan, dihindari.
  • Kalau sebelumnya memang melakukan pelanggaran, jangan diulangi lagi.
Tips agar tidak di-banned / PHK om Google, selain patuh terhadap aturan yang sudah dibuat om Google, ikutlah program Google Adwords. 

Sekian dari saya mengenai Kamus Adsense dan Perihal Banned yang Wajib Diketahui, di sini saya cuma memberikan informasi. Untuk selanjutnya atau ada yang belum jelas silahkan cari di google, mungkin ada solusi yang lebih baik. Terima kasih, semoga bermanfaat dan happy blogging. 

Jangan lupa kunjungi juga dan follow blog saya yang kedua ya disini Kumpulan Desain Grafis

151 komentar:

  1. pertamax mungkin ya saya sob, sudah beres menyikat sob, lengkap banget infonya :)

    BalasHapus
  2. Wehh mantapss nie mas broo... di jelasinya panjang lebar .... lengkap banget.. asik.. asik

    BalasHapus
  3. Saya banyak belajar di sini sahabat karena memang sudah memasang adsense tetapi pengetahuan saya minim akan hal seperti ini.

    Terima kasih sharenya, akan diperhatiakan betul-betul nih sob

    BalasHapus
  4. mantabs boss.. tapi susah dapetinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang gak gampang tuk dapetinnya,, kalau mau gampang dapetinnya, buat aja blog baru dengan artikel berbahasa inggris, minimal 10 artikel dan masing2 artikel di posting 1 hari 1 artikel, insya allah dapet.. hehehe.. yang penting trus beri konten yang berkualitas di blog dan bersabar aja.. :D

      Hapus
  5. aku sudah melakukan banding untuk kasus yang aku terima,..tapi payah sob karena semua itu butuh kemampuan hehehe koneksi yang lemot belum lagi perangkat yang tak stabil hehehe,..akhirnya aku jadi malas melanjutkan banding aku,..mending buat akun baru dan blogg baru terus di daftarkan hehehhe semoga sukses ....

    BalasHapus
  6. trmkas genk infonya sangat bermanfaat genk... sangat simpel sukses buat anda genk Amin..

    BalasHapus
  7. wah sanagat membantu,, walupun GA saya blum tereapprove thx sob..

    odingkprakoso.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat bagi saye yang baru ni.

    BalasHapus
  9. gak boleh daftar pake komputer yang sama..?!. tapi boleh daftar 2 kali dengan 1 admin dan web yg berbeda?!.
    wadew.. maaf nih soalnya aku kurang paham *maklum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud artikel diatas, seandainya account GA di banned, itu gak boleh mendaftar dengan akun yang sama, harus melakukan pendaftaran baru, dan itu mencakup nama, alamat, No.Telepon, dan email. Boleh mendaftar pake komputer yang sama, tapi kalau bisa dihindari.. hehehe..

      Hapus
  10. ane belum diterima GA nih..:D

    follback done..:)

    BalasHapus
  11. siiiplah, ini pelajaran penting untukku sob..
    :D

    BalasHapus
  12. sekarang ini aku lagi konsentrasi buat dapatin GA soal pagerank dibelakang hehehehe sikat semua nih yang pada nongol sampai dengkul ane mau pecah hahahahayyy

    BalasHapus
  13. menurut master GA jangan gunakan IP yang sama ketika mendaftar :) agar tidak terindeks oleh tool GA saat verifikasi :d

    BalasHapus
  14. Wahhh........ keren kang heheheheheh.............

    Makasih ya kang infonya heheheheh... Eh iya kang ...

    BalasHapus
  15. Cukup bagus informasinya. Saya sudah lama ber adsense tapi koki sampai skg masih belum dpt hasilnya.

    BalasHapus
  16. GA....dah 100X ditolak :D
    salam sukses sob

    BalasHapus
  17. keren sob sekalian patroli malem ningalin jejak http://dimasbaguz.blogspot.com tugas 69 beres

    BalasHapus
  18. Mantap nih sob... :)
    terimakasih...

    BalasHapus
  19. blog baru bisa ga daftar di Google Adsense mas..hehehe ?
    sekarang lagi banyak bicarakan Adsense nih..

    BalasHapus
  20. Mantap Informasinya

    www.hargakopiluwakrobusta.blogspot.com

    BalasHapus
  21. thanks sob,,sngat membantu ane....
    #commentback

    BalasHapus
  22. setelah membaca artikel ini...saya lebih memahami tentang adsense ...nice share sobat :-)

    BalasHapus
  23. Info yang bermanfaat..
    kunjugan sore sob..

    BalasHapus
  24. google adsense bisa jadi istri simpanan aku hahahahaha

    BalasHapus
  25. Pusing, kurang paham saya... bahas planet2 aja kenapa sih, hehehhh :)
    *becanda :D

    harus belajar lebih giat lagi nih kayaknya supaya paham....
    sukses terus buat bang Andy, sikat bersih 6^_^9

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kalau bahas planet malah pusing, serasa berputar mengelilingi matahari.. hehehe.. :)

      Hapus
  26. Nyimak terus gan, masih teus menoba buat mengerti, baru belajar sih gan mohon bimbingannya

    BalasHapus
  27. belum nyobain adsense. belum tertarik aja saat ini. nggak tau ntar ke depannya. yang penting ini URLnya saya save dulu ya..

    BalasHapus
  28. trima kasih bang andy...artikel nya sy simpan buat pembelajaran ke depan... :)

    BalasHapus
  29. Komplit penjelasannya sob, disini sumber info terupdate dan terbaru. terima kasih sob.

    BalasHapus
  30. mantap gan, ilmu banget buat saya yang baru di dunia Adsense ini.. hehehe

    Salam :D

    BalasHapus
  31. saya hadir lagi nih sob melaksanakan tugas :)

    BalasHapus
  32. thanks infonya sob..sanagta bermanfaat..:)

    BalasHapus
  33. nyimak ajalah...
    kerena memang aku udah gak berjodoh lg dengan adsense... 6^_^9
    kiri, kanan, atas, bawah tahambur sob wkwkwk...

    BalasHapus
  34. blog saya belum dapat GA yang penting bisa 69 ya sob.. :)

    BalasHapus
  35. saya udah diparrove GA tapi tidak pernah kena hit.. :D

    BalasHapus
  36. Sudah setahun sejak bergiat dengan Adsense ni. Earning pun kira maintain walaupun tak banyak. Lebih baik kalau join google affiliate sekali. Earning dia dicampurkan sekali dengan earning adsense

    BalasHapus
  37. Arrrrrrgggghhhhh panjang bgt bang,,,ga paham,,tapi yang penting semua iklan udah aku klik..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jgn salah klik ya sob...hehehe
      tar yg lg pegang rokok yg d klik...wuakakaka

      Hapus
    2. @Wammy > wuuiicchh mantap semua iklan di klik.. hehe.. :D

      @Nakusan > hahaha.. lah itu yang wajib di klik tuh... :D

      Hapus
  38. saya datang khusus 6^_^9 dsini sob. hajar sampai habis2an..wuakakakaka

    BalasHapus
  39. Wow, pelajaran yang sangat penting banget nih

    BalasHapus
  40. nice info sob :D

    tugas pertaman, beres sob.. :)
    slm 69

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud'nya konten haruslah berkualita, unik dan bukan copas, karna copas tanpa menyertai sumber berarti melanggar hak cipta..

      oh iya sob.. dikarenakan sobat memasang link aktif komentar sobat terpaksa saya hapus.. kalau ingin memasang link pakai saja Name&URL.. hehehe.. Maaf ya sobat.. :)

      Hapus
    2. Ternyata sudah ane follow kawan.. Oh iya ane minta maaf, terkait memasang link hidup di komentar.. jadi malu ane, gak akan2 lagi deh.. Nah sekalian mau tanya nih boleh kan??
      Kalau cara bikin nama profil kita langsung pada URL Blog itu gmn ya?? kaya blog agan ini?? ヅ

      Hapus
    3. maksudnya menampilkan Name&URL pada kolom komentar ya.. kalau itu tinggal masuk Dasbor > Setelan > Pos dan Komentar > Komentar > Semua Orang.

      Hapus
  42. Ane follow blog agan.. follow back ya??

    BalasHapus
  43. datang khusus bayar utang..hehehehe

    sikat habis 6^_^9 dsni sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane numpang berteduh dsini sob sambil tugas 6^_^9. soalnya diluar hujan...hohoho

      sekalian minta kopi sob, biar anget gitu...hehehe

      Hapus
  44. wah info yang mantap mas, maaf baru bisa berkunjung karna banyak kesibukan di dunia nyata

    BalasHapus
  45. bodoh amat sama adsense(gara-gara sering ditolak) :(.yang penting hadir melaksanakan tugas 69 :)

    BalasHapus
  46. nice info gan, tp saya belum berniat untuk memasang iklan apapun

    BalasHapus
  47. Hallo kakaak... lama nian aku tak berkunjung kesini, langsung tebar 6^_^9 aja deh :D

    BalasHapus
  48. Berguna banget nih info nya! Thanks for share sobat :)

    BalasHapus
  49. Takut Di Banned sob... klo ikutan adsense.
    mending yg alternatif, aja

    BalasHapus
  50. Tugas selesai.. oya sob.. postingan Untuk sahabat mana nih.. ditunggu yah sob...

    BalasHapus
  51. ane udah trauma gan sama adsense, ane dibaned dengan alasa membahayakan pemasang iklan, nyesel banget nyoba2 tehnik2 seo yang eksrim

    BalasHapus
  52. gil,...masak belum ada yang terbaru nih hehehe

    BalasHapus
  53. Wah, cari yang lain aja kok sulit kayaknya

    BalasHapus
  54. kunjungan malaaam :D
    tebar-tebar senyum manis dan 69 ahhh

    BalasHapus
  55. Info'nya lengkap banget sob..
    Misi 6^_^9 disini sukses.. :D

    BalasHapus
  56. ikutan nyimak deh sob..
    sukses disini sob..

    BalasHapus
  57. nyimak sob.. sambil menyelesaikan misi 6^_^9 nya nih.hehe

    BalasHapus
  58. makasih atas info yang bermanfaat ini..

    BalasHapus
  59. makasih atas info yang bermanfaat ini..

    BalasHapus
  60. walau saya bukan seorang publisher adsense setidkanya ini bisa menjadi ilmu yang berharga bagi saya
    terima kasih

    BalasHapus
  61. makasih sob tipsnya, udah brbpa kali saya dibanned :D

    BalasHapus
  62. kug susah ya cari duit di internet,??
    dapet adsense google juga susah..??

    BalasHapus
  63. belum ada yang baru ya sob..?? kasihan nih blog di anak tirikan...wuakakakaka

    tugas di sore hari sob.

    BalasHapus
  64. Selalu rame nih blog.. :D
    ikut meramaikan sob.. :)

    Salam 69

    BalasHapus
  65. Pantes saya belum pernah berhasil pakai adsense..hehehe :D

    BalasHapus
  66. sob, kasihan nih blog gak di perhatikan. tar ngambek loh sob...hehehehe

    bertugas di siang hari sob.

    BalasHapus
  67. ngomong-ngomong ini admin nya blog andydesain juga ya...

    BalasHapus
  68. Keren sob kamusnya dan sukses disini :)

    BalasHapus
  69. wah yang masuk akals saja nih sob,..masah sudah hampir 2 bulan di blog ini belum ada artikel terbaru,..pantesan saja dasbor aku kosong dari update blog ini,aku kira sudah di tutup hehehehe,...ok sob sukses di sini hehehe

    BalasHapus
  70. lumayan buat nambah pengetahuan, visit back thx

    BalasHapus
  71. Info yang sangat membantu mas, thank's atas sharingnya.

    BalasHapus
  72. Istilah-istilah di atas penting banget untuk dipelajari khususnya bagi para pe-blogger yang suka berbisnis. :)

    BalasHapus
  73. makasih infonya sob,..tpi kalo boleh tanya kang Andi ini udah dapat berapa kali cek dr google ya?? :)
    sekedar ingin tw, soalnya saya juga lg coba pake GA niy... :D

    Salam kenal sob

    BalasHapus
  74. jasa adsense brow..

    BalasHapus
  75. Mantap Gan... thanks share ilmunya..jadi tambah tahu nih tentang adsense... lam kenal n sukses selalu...

    BalasHapus
  76. Mkasih infonya bos Andy.
    Ngomong2 yg di atas GA ya?

    BalasHapus
  77. WAH MANTAP......Satu Kata Untuk Blog Ente Deh.........JOSSSSSS

    BalasHapus
  78. tambah lg ilmu ane.
    Mkasih bos Andy

    BalasHapus
  79. Wah mantap gan saya paham berkat artikel di page ini. Senang sekali menemukan blog ini gan.
    Oh saya gan, saya belum punya web adsense, masih cari cari info. Kalau hosting untuk webb adsense sebaiknya di indonesia atau di luar ya gan, soalnya kalau diluar saya belum punya kartu kredit buat Verifikasi paypal untuktransaksi bayar Hostingnya. Bisa di bantu sarannya gan.

    BalasHapus
  80. earning ane udah $3500 kena banned Gan, udah dapet PIN tinggal payout. Sayang sekali $3500 musnah. Ane dah banding tp udah 3 hari belum dapet balasan. Minta doa semua Agan-agan moga dikabulkan banding ane ... Amien.

    BalasHapus
  81. Menarik sekali untuk di simak sobat, blogwalking.

    BalasHapus
  82. bos kursus offline buat blogspot yang bagus kyk agan ini dimana ya, sy ga sempet kl cari2 dulu materi di google. sy lokasi di dki jakbar, kl ad, info saya di edirochman@gmail.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar dan saya akan komentar balik. NO SPAM, No Links, No SARA, No P*RNO! KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus. Demi kenyamanan dan transparansi, mohon maaf komentar "anonymous" tidak akan ditanggapi. Mari jalin terus Silaturahmi.. Terima Kasih sobat..